Senin, 21 November 2016

Susuri Eksotisme Sumba Lewat Indonesia Adventure Festival 2016

"Susuri Eksotisme Sumba Lewat Indonesia Adventure Festival 2016 Tandai kalendermu pada 10-15 September 2016 untuk berpetualang menjelajahi Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, dalam aktivitas Indonesia Adventure Festival 2016. Bersiap-siaplah mengeksplor pesona pulau ini melalui beragam aktivitas seperti trekking, diving, bersepeda, menjelajah gua, berkuda, fotografi, bikin film, kuliner serta festival budaya.

Festival diselenggarakan sepanjang 6 hari dari mulai Walakiri sampai Waitabula. Pada hari pertama, anda bakal disambut di Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu, disusul dengan upacara pembuka sekalian nikmati matahari tenggelam di Pantai Pura Kamera. Sesudahnya, anda bermalam di Kampung Kebiasaan Praiyawang, Rende.

Perjalanan pada hari ke-2 dilanjutkan ke Waibakul untuk pelajari kultur orang Rende lewat peninggalan megalitik, tenun ikat serta beberapa barang kerajinan. Lalu di ajak lihat kecantikan pantai Watuparunu serta Air Terjun Gunung Meja, dan nikmati seribu lembah di Warinding. Hari ke-2 bakal ditutup dengan menggunakan malam di Waibakul, Sumba Tengah.

Lanjut di hari ketiga, saat ini giliran Sumba Tengah yang dijelajahi. Anda bakal di ajak lihat ritual " purungu ta kadonga ratu " di Kampung Kebiasaan Lai Tarung, lantas berpindah menjelajahi destinasi lain yakni Pantai Koda Maloba serta Pantai Tai Tena, dimana histori pertandingan berkuda khas Sumba yang dimaksud " Pasola " diawali.

Masihlah di hari yang sama, penggemar sepeda gunung serta motor trail bakal menjajal rute menuju Air Terjun Matayangu, lalu dilanjutkan ke Gua Bakul Liang. Ada destinasi sendiri untuk penggemar fotografi alam, yakni Taman Nasional Manupeu Tanahdaru sebagai tempat tinggal beragam kupu-kupu serta burung endemik.

Tempat persawahan yang luas di Waikabubak bakal dikunjungi pada hari ke empat, dilanjutkan mengeksplor Kampung Kebiasaan Tarung serta beralih ke daerah Waitabula. Pada hari ke lima, bersiap-siaplah lihat kecantikan Danau Waikuri serta uniknya Kampung Kebiasaan Ratenggaro sembari dijamu makan siang disana. Untuk mengakhiri hari dengan matahari tenggelam yang cantik, anda dibawa menuju Pantai Bwanna. Acara di hari ke lima ini berlanjut sampai malam dengan gala dinner di Waitabula dipayungi langit dengan taburan bintang-bintang.

Selesai senang menjelajahi lokasi Sumba, saat ini giliranmu untuk belanja pernak-pernik hasil kerajinan masyarakat Sumba. Anda diberikan saat bebas di pasar tradisional di Waitabula, lalu kembali menuju bandara.

Way2East sebagai penyelenggara, sadar kalau NTT mempunyai potensi wisata petualangan yang mengagumkan. Oleh karenanya mulai sejak 2014, Way2East mengadakan acara penjelajahan ke bebrapa lokasi propinsi ini yakni Lembata (2014) serta Alor (2015). Ada 120 partisipan yang turut menjelajahi Lembata, sesaat waktu di Alor, berlangsung penambahan peserta yakni 150 orang.

Peserta yang ditargetkan turut dalam Indonesia Adventure Festival 2016 datang dari dalam ataupun luar negeri. Mereka terbagi dalam pengagum berkuda, fotografer serta pembuat film, blogger, petualang, off-roaders, motor-trailers, bird-lover serta mountain-bikers.

Sumba, seperti yang disebutkan oleh beberapa penjelajah yang pernah menyentuhnya, adalah pulau yang menghidangkan warna lebih memikat dari pada sebatas tangkapan lensa kamera. Berikut tempat buat kamu lihat perang lembing dengan berkuda (Pasola) yang memukau. Kian lebih itu, pulau ini menghidangkan rentetan tempat tinggal kebiasaan tradisional, pendam batu, serta agama Marapu yang seakan tidak terjangkau pergantian jaman.

Pulau Sumba berdekatan dengan Pulau Komodo serta Flores pastinya. Pulaunya sendiri tak dapat disebut kecil untuk dijelajahi sepanjang satu minggu. Pulau Sumba mencakup empat kabupaten, yakni Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah, serta Sumba Timur. Hebatnya semua kabupaten itu mempunyai keidahan alam yang sama indahnya serta rata.

Nah, tertarik turut menjelajahi Sumba? yuk saksikan info sedetailnya tentang Indonesia Adventure Festival 2016 di www. adventurefestival. id

(Sumber : Website Kemenpar Pesonaindonesia. travel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar